Monday 13 August 2012

Pulau Rusa, Pulau Cantik tak berpenghuni di Aceh


Pulau Rusa merupakan salah satu pulau terluar yang terletak di Samudera Hindia. Pulau ini bervegetasi kelapa dan semak, pantainya berbatu-batu dan sebagian berupa pasir putih.

Pulau tak berpenghuni ini terletak di Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Meskipun terpencil dan terisolasi, pulau kecil seluas 0,296 kilometer persegi ini memiliki nilai strategis jika ditinjau dari sudut pandang geopolitis.

Berada di ujung barat Nusantara, Pulau Rusa memiliki kekayaan lobster, teripang, udang, dan aneka jenis ikan yang berlimpah ruah. Survei membuktikan, terumbu karangnya masih terjaga baik meskipun tsunami dahsyat menyapu kawasan tersebut.

Pulau ini sangat indah, baik di wilayah daratan, pantai, maupun laut. Pulau ini tersusun dari endapan aluvium, yakni hasil pengikisan dari erosi dan abrasi batu gamping formasi Wapulaka (batuan yang lebih tua).

Satwa yang hidup di pulau terpencil tersebut misalya babi, ular, dan hewan melata lainnya.

Turun ke arah pantai, Anda akan mendapatkan panorama yang mengagumkan. Dengan garis pantai tidak terlalu panjang, Anda bakal menjumpai batu-batu besar yang tersusun ecara alami. Rasanya tak kalah dengan panorama pantai di Bangka Belitung seperti ditampilkan dalam film Laskar Pelangi.

dikarenakan tidak ada dermaga, untuk menuju Pulau tidak berpenghuni ini, kita harus menggunakan boat kecil nelayan hanya beberapa menit dari Lhoong – Aceh Besar dan membawa bekal untuk menginap jika ingin bermalam disana.

konon menurut cerita warga disekitar pulau, Pulau ini diberi nama Pulau Rusa karena, pemilik Pulau saat itu menemukan seekor rusa jantan yg bisa melahirkan. Berita aneh tersebut cepat menyebar ke seluruh kec Lhoong dan AcehRaya sehingga orang-orang menyebutnya Pulau Rusa. Click lokasi di map google

Petualang Sejati, pasti ingin berkunjung ke Pulau Rusa ini!























2 comments:

Unknown said...

kpan ksana bg ???

[KoNoHa] said...

Sebelum puasa :D

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes